Tuesday, February 12, 2013

10 jam++ di Singapur

9 Feb 2013
Alasan pertama pergi ke Singapur kali ini karena vitamin mama habis dan vitamin ibu hampir habis!
Yak! S e l a l u  s a j a  a d a  a l a s a n untuk jalan-jalan :D

Rencana awal cuma mau PP. Berangkat dengan pesawat paling pagi, jam 05.40 dan pulang dengan pesawat paling akhir, jam 20.20. Kurang lebih 10 jam di Singapur. Engga mungkin kan cuma buat beli vitamin doang ... Belanja?! Meh! lagi ga kepengen hahaha.

Trus..?!

Jadwal jalan kali ini lebih condong ke sekitaran tempat-tempat makan daripada ke mol. Niatnya!
Ditambah terinspirasi dari ide Travel Channel's The Layover with Anthony Bourdain episode di Singapur tempo hari "..what you can do, eat, visit, enjoy within 24 hours or 48 hours in a city,"  sepertinya menarik untuk dicoba. Nih, daftar tempat-tempat yang dikunjungi dari The Layover episode Singapore :
  • Tanglin Halt Hawker Center
  • Bar Stories
  • Geylang Claypot Rice
  • Candlenut Kitchen
  • Kilo in Kallang
  • Samy's Curry
  • Tiong Bahru Market
  • Bismillah Biryani
  • Chin Chin Eating House
Kenyataan yang kita dapat dari keliling 10 jam di Singapur:

09.00 tiba di Changi T1. Langsung nyari loker buat nyimpen koper trus lanjut jalan.

Changi - (Tanah Merah) - Tiong Bahru.
Semestinya ga perlu turun di Tanah Merah, tapi berhubung saya sakit perut yang udah bikin merinding dan panas dingin (thanks to Pokka Milktea! (>.<)), turun lah kita di sini, saya HARUS nyari toilet!
Selesai urusan ke belakang, kita langsung lanjutin ke Tiong Bahru. Dari stesien MRT Tiong Bahru jalan kira-kira 8 menit (menurut GPS), sampai deh kita di Tiong Bahru Market. Celingak-celinguk kok ga ngeliat ada tempat makan?? Betul-betul cuma pasar! Eh! Ternyataaa, ada di lantai 2!
Jajanan yang kita beli:
Jian Bo Shui Kueh $2; Carrot Cake $3; Aneka macam Fishball [7 #02-20] $1.50 dapat 7 macem!
Total pengeluaran makan buat ber-3, $6.50 :-D muriiing banget!

Kalo soal rasa, shui kueh tuh lebih seperti carrot cake cuma beda dibumbu dan bentuk. Bentuknya ga ancur kaya carrot cake, setengah bulet lah. Kalau, carrot cake-nya, hmm.. Lebih enak yang di Lau Pa Sat dengan harga yang sama. Dari segitu banyak makanan yang sudah dibeli, Mika teteeep minta mi! Berarti, pesen lagi wanton noodle ayam (yang potongan ayamnya segede-gede tahu pong!) Eh.. cuma $3 saja! (ga sempet difoto karna langsung dimakan) :-)

Tiong Bahru Market, checked!

Tiong Bahru - Tanjong Pagar.
(Dari Tiong Bahru jalan dikit ke stesien MRT terdekat, Outram Park).

Inceran berikutnya nyobain es krim maccha Tsujiri yang katanya rasanya otentik seperti di Jepang. Ini emang gada dalam daftar tempat makan di atas. Cuma sayanya aja yang penasaran.

Kita pesan: Shiratama Parfait O-maccha dan 'Sunset' Uji.
Maccha-nya eeeenak banget! Kalau Sunset Uji alias kakegori alias es serut! :-P okeh laaah.. Tapi porsinya gede banget! Segitu udah dikeroyok makan sama 3 orang masih ga habis juga dong!
Shiratama parfait O-maccha $7.80; 'Sunset' Uji $12
  • Mayoritas konsumennya orang Jepang dan sepertinya hotel Amara memang komunitasnya
  • Lokasinya ada didalam mall 100am.
  • a little bit pricey
Lanjut, Somerset! Kesini saya CUMA mau beli popcorn Garret titipan orang-orang kantor doang kok. Sungguh!

Tanjong Pagar - Somerset - Raffles (Mint Toys Museum).
Naek teksi atau MRT?!
Udah ngantri teksi adakali 10 menitan -ga panjang sih.. tapi kok kayanya jarang banget taksi yang lewat! Yaudaaah, balik badan, grak! Jalan lagi ke stesien MRT Tanjong Pagar menuju ke Somerset. Urusan titip menitip selesai, kita langsung mengarah ke Mint Toys Museum.
Secara jarak dari Somerset ke Raffles sebenarnya engga jauh tapi berhubung waktu operasional Mint Toys Museum sudah mefet mau tutup, jam 17.00 (tgl 9-11 Februari mereka tutup lebih cepat karena CNY), langsung saja kita mengarah ke antrian tunggu taksi. Hujan, antrian taksinya panjang, banyak taksi kosong tapi ga mau ngangkut (entah kenapa).. Nunggu untuk dapat taksi sekitar 30 menitan! Meh!! Akhirnya sampai di Mint Toys Museum jam 16.00. Kita cuma punya waktu 30 menit untuk keliling 5 lantai! Hayoook lah, kita pasti bisa! Dan ternyata memang bisa! Museumnya memang 5 lantai tapi ruangannya kecil-kecil!

Nah mimpi buruk mulai dari sini. Selesai keliling Mint Toys Museum pas kita mau keluar, hujan deresss banget dan museum sudah siap-siap mau tutup. Alhasil, gabisa kemana-mana karna kita ga bawa payung dan jas hujan! Padahal sudah ada yang wanti-wanti loh dari kantor! :-(

Persis di sebelah museum ada restoran Perancis, Entre-Nous Creperie, mampir lah kita kesini.. Maksudnya mau nunggu hujan reda. Eh, belum lama makanan datang hujannya berentik-tik! Kita pikir santai dong.. Sambil nikmatin crepes, nge-teh sore-sore.. Mika juga senang dapet teman main, Postine :-)
Her name was Postine :)
Butter & Sugar $8.60
Selesai bayar makan, hujan deres lagiii!!! Tunggu punya tunggu, kejadian nunggu taksi berulang lagi. Nunggu 30 menit lebih tanpa hasil, udah mau jam 17.30, gada pilihan laen, kita HARUS jalan! Untung sudah tinggal gerimis, jalan lah kita dari Raffles Hotel ke Mustafa Centre! Kurang lebih 40 menit dengan kecepatan jalan cepat! Kasian Mika harus jalan cepet ngikutin kita, gerimis-gerimis, lompat sana lompat sini, setengah lari-lari, tanpa jedah! :-( Dalam hati, "Hebat nih anak!" Akhirnya, sampai juga di Mustafa jam 18.00 lewat. Langsung cari yang diperluin, bayar, selesai! Gapake liat-liat yang lain-lain lagi, kita sudah harus balik ke Changi.
Masalah lagi, kita ga dapat taksi! Susaaaahh banget! Berebut, pindah tempat nunggu sana-sini, taksinya pada ga mau! (>.<) Nightmare!!! Gada pilihan lagi, akhirnya kita jalan ke MRT terdekat, Farrer Park. Dari stesien Farrer Park, kita harus pindah stesien 2x! Pertama di Outram Park, kedua (terakhir) di Tanah Merah sebelum Changi. Tiba di bandara Changi (T2) udah jam 19.30 lewat!!! Pesawat kita jam 20.20! Langsung bagi tugas, suami ambil koper di T1, saya dan Mika ke T3 untuk check-in!! Jauhnya booo masih harus lari-lari lagi. Akhirnya, keucap juga sama Mika, "Bunda, Mika capek! Gendooong!" Emang dasar rejekinya si anak, pas nengok ke kanan ada troli nganggur. "Naik ke troli!" Sambil lari full speed ke Row-1, ujuuuung banget, akhirnya sampai juga! Semua meja check-in sudah ga ada orang, tinggal 2 orang CS. Dan sedihnya.. CS Garuda bilang sudah tidak bisa lagi karena sudah boarding dan gate-nya jauh! Mana suami masih di skytrain menuju ke T1! "Please, please... Kita tanpa bagasi, bisa dooong." Tapi tetep gabisa! Dari mereka hanya ngasih solusi untuk ikut penerbangan besok pagi dijam 07.25, tanpa pengurangan mileage dan tanpa biaya! Di satu sisi Alhamdulillah ... Disisi lain, mau nginep dimana cuma 8 jam!? Kami terdamparrr!!! :-(

Pelajaran penting dari perjalanan ini:
Walopun menjelang Tahun Baru Cina (Chinese New Year) Singapur cenderung lebih sepi, tapiiiii ..INGAT! Supir taksi yang mayoritasnya Tionghoa pada ngerayain, jadi jumlah taksi di jalan otomatis lebih sedikit dan mereka banyak nolak untuk ke tempat-tempat tertentu. Usahakan untuk sudah jalan ke bandara, 3 jam lebih awal dan andalkan MRT!

Jadi hasil dari tempat-tempat The Layover episode Singapore yang berhasil kita datangi, hanya Tiong Bahru Market deh ..*cuma ini doang hasil 10 jam di sini*

10 jam ++ di Singapur yang tak terlupakan!
10 jam jalan-jalan + 8 jam tinggal dan tidur di Changi + ngerayain Tahun Baru Cina (CNY) di Singapur :D

No comments: